Pondok Pesantren Berbasis Wirausaha Mandiri

Hanif Dakhiri, Menteri Tenaga Kerja RI menyampaikan bahwa, Pondok pesantren harus membekali kemampuan yang berbeda kepada santrinya. Apalagi, persaingan dunia pekerjaan di luar sangatlah ketat. Saat peresmian pembukaan Pondok Pesantren Al Fadlu 2 di Dukuh Srogo Desa Sidorejo Brangsong Selasa (25/7/2017) malam. Ponpes Al Fadlu 2 ialah sayap lebaran atau bisa di simpulkan sebagai cabang dari Ponpes Al Fadlu wal Fadhilah Kaliwungu,membuka SMP dan SMA untuk santri yang berbasis wirausaha.

Diantara pertanggung jawaban yang harus kita persiapkan sejak sekarang didunia adalah tentang 4 perkara.

Dari Abu Barzah Al-Aslami, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أربع : عن عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ.

Tidak akan bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat nanti sampai ditanya tentang empat perkara: (1) tentang umurnya untuk apa dia habiskan, (2) tentang ilmunya, sejauh mana dia amalkan, (3) tentang hartanya, dari mana dia dapatkan dan untuk apa harta tersebut dibelanjakan, dan (4) tentang tubuhnya, untuk apa dia gunakan.” (HR. At-Tirmidzi dishahihkan Al-Albany dalam Ash-Shahihah, 946)

Menurut Menteri Tenaga Kerja Dakhiri, Santri memiliki keunggulan dalam hal perilaku moral akhlak yang baik. Padahal pekerja tidak hanya dituntut berketerampilan atau berkemampuan, perilaku moral juga sangat penting. Santri, yang memiliki karakter mulia, “Karena keunggulan ini, perusahaan lebih memilih Santri,” katanya.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Al Fadlu 2, Alamudin Dimyati mengatakan, sejak tahun 2017, Ponpes Al Fadlu wal Fadilah Kaliwungu membuka cabang Al Fadlu 2 di Dusun Srogo Brangsong yang membuka SMP dan SMA. Semua siswa harus tinggal di Pondok Pesantren Al Fadlu 2. Program kurikulum ini didasarkan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka wajib mengikuti pengajian di pesantren. “Asrama dan sekolah di sini semuanya dilengkapi AC,”ujarnya.

Umur dan kesehatan adalah modal asasi yang diberikan Allah untuk mengabdi, mencari, dan menebarkan kebaikan membangun kesuksesan terutama jiwa kewirausahaaan di dunia yang merupakan jembatan menuju akhirat hasanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *